Kaseifu no Mita (2011)


Details

  • Title: 家政婦のミタ
  • Title (romaji): Kaseifu no Mita
  • Format: Renzoku
  • Genre: Mystery
  • Episodes: 11
  • Viewership rating: TBA
  • Broadcast network: NTV
  • Broadcast period: 2011-Oct-12 to 2011-Dec-21
  • Air time: Wednesday 22:00
  • Theme song: Yasashiku Naritai by Saito Kazuyoshi

Cast

(Dramawiki)

SINOPSIS

Sepeninggal istrinya yang meninggal karena kecelakaan, keluarga Asuda bisa dikategorikan ‘cukup’ berantakan. Asuda Yui (Kutsuna Shiori) sebagai kakak tertua yang bertanggung jawab menggantikan ibunya dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga selalu menghasilkan hal yang mengecewakan. Cucian yang tidak bersih, rumah yang jauh dari rapi, serta masakan yang tidak enak selalu menghiasi hari-hari keluarga Asuda, bahkan ketika 40 hari kematian Ibunya sudah lewat. Karena itu adik-adik Yui selalu komplain dengan kerjaan kakaknya yang jauh dari beres. Asuda Keiichi (Hasegawa Hiroki) yang tidak mempunyai kepercayaan diri menghadapi anak-anaknya akhirnya memilih untuk merekrut seorang asisten rumah tangga guna mengurus keperluan rumah dan anak-anak yang semakin tidak terorganisir.

Asuda Family

Ketika Akari Mita (Matsushima Nanako) datang ke dalam rumah itu, keluarga Asuda cukup tercengang karena potongan Mita yang sangat rapi dan cantik, jauh dari kesan asisten rumah tangga. Meski demikian, aura gelap dan ‘tidak ingin diganggu’ yang dipancarkan oleh Mita membuat mereka semua menutup mulut dan menyerahkan seluruh pekerjaan rumah tangga kepadanya. Meski awal pertemuan mereka agak kaku, namun ternyata Mita benar-benar mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga dengan sempurna. Debu tidak menempel sedikit pun, rumah menjadi sangat indah dengan ornamen-ornamen  bunga yang dipajang di beberapa spot, serta masakan yang luar biasa lezat membuat keluarga Asuda luar biasa senang.

Namun pandangan itu sedikit berubah ketika Ibu Penyalur Asisten Rumah tangga menghubungi Keiichi untuk mengecek bagaimana kerja Mita. Dengan gayanya yang nyeleneh dan banyak tertawa, Ibu tersebut memperingatkan Keiichi dan keluarga untuk berhati-hati dalam segala hal yang diucapkan, karena Mita akan melakukan APA SAJA yang diperintahkan majikan kepadanya. Untuk contoh yang paling ekstrim, ketika Mita diperintahkan untuk membunuh, maka ia tak segan-segan melakukannya.

Bagaimanakan hari-hari keluarga Asuda setelah itu? Bagaimana dampak yang diberikan Mita yang super dingin dan anti-sosial terhadap keluarga Asuda?

Review

Begitu ngeliat drama ini pertama kali, kesan Mita Akari adalah: nggak punya hati. bener-bener datar, nggak ada emosinya, dan dia seperti robot yang akan melakukan apa saja yang diperintahkan sama dia.
Tapi, Satu kata: Seru! Dan bikin penasaran. Kesan dark langsung menyelubungi episode pertama dari drama ini, meski ada beberapa adegan kocak yang tersisipkan di beberapa bagian. Karakter Akari Mita kuat banget, dan setiap episode membuat penonton penasaran dengan apa yang dipikirkan Mita-san, karena ia benar-benar mengunci rapat-rapat mulutnya untuk urusan pribadi. Yang bikin seru adalah gimana Mita-san membantu konflik dan masalah dalam keluarga ini dengan caranya sendiri. Benar-benar dengan caranya sendiri. Bisa bayangin kan seorang robot nggak mungkin punya inisiatif untuk membantu orang, tapi dengan hatinya yang beku itu entah kenapa alur menuntun masalah-masalah keluarga Asuda terpecahkan satu demi satu, dan tirai yang menyembunyikan masa lalu Mita-san tersibak pelan-pelan. Jadi harap sabar buat yang nonton drama ini, karena Mita-san bener-bener bikin penasaran.

Oh iya, drama ini bener-bener sensasional bagi masyarakat Jepang. Hari perdana penayangan aja udah merenggut hati 19.5 % penduduk Kanto, dan episode 08 yang baru tayang 30 November lalu meraih rating paling tinggi setelah drama Karei Naru Ichizoku (30.4%) yang tayang empat tahun lalu, yakni 29.7%. Menurut saya, drama ini memang pantas mendapat apresiasi tinggi karena karakter Mita-san yang begitu kuat, cerita yang nggak ketebak dan sangat menginspirasi, serta akting masing-masing peran yang cukup membuat standing applause. Keren banget! Saya pribadi ngefans banget sama Hasegawa Hiroki yang berperan jadi Ayahnya anak-anak, serta  Kaito Asuda,  (diperankan oleh Ayabe Shuto) si anak ketiga yang masih duduk di kelas 5 SD. Ayabe Shuto mainnya bagus banget, natural, dan nggak dibuat-buat. Dan yang paling penting, dia bisa adegan nangis. God.. Nangisnya keren banget! Hahaha… *Tanda-tanda phedophil, ngefans ama anak kecil :D*

Hasegawa Hiroki juga bagus banget memerankan sang ayah yang bikin geregetan karena ketidakbisadiandalkannya. Bikin emosi nontonnya, berkali-kali gw teriak “Kok gitu sih! Kok Gitu sih jadi Ayah!” 😀 Tapi itu artinya dia sukses memerankan tokohnya. Kayaknya berkat peran brilian ini Hasegawa udah didaulat untuk memerankan tokoh di drama yang akan tayang tahun 2012, Seinaru Kaibutsutachi, meski bukan peran utama. Justru Peran Kutsuna Shiori yang memerankan Yui, yang disebut-sebut sebagai ‘debut’ (meski sebelumnya ia pernah memainkan beberapa peran) pertamanya karena merebut perhatian banyak orang  berkat aktingnya yang bagus, nggak terlalu menarik perhatian buat saya. Di beberapa adegan Yui kurang total, dan nggak natural. Tapi menurut saya udah cukup bagus untuk menarik perhatian beberapa produser sih. Wajahnya itu lho, Jepang banget. hahaha… *ya Iya lah*

The Cute Kutsuna Shiori

Pokoknya, overall drama ini sangat direkomendasikan. Saya sendiri lagi menunggu episode 9-nya yang tayang besok malam karena akhir episode 8 yang bikin penasaran dan teriak-teriak. Disarankan banget buat yang suka Dark, Human, dan Family drama.😀

About reviewdramajepang

Review drama dan film Jepang terbaru atau yang sudah lama.
This entry was posted in Dark, human drama, Jdrama Autumn 2011 and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Kaseifu no Mita (2011)

  1. G_NieTOP says:

    iya sama,,, aku suka banget ni drama,,, baru ntn 1 ep udah kecantol n penasaran ma mita,, mita itu robot, hantu, ato orang sih,,,bener2 penasaran endingnya gimana..

  2. Laila Shares says:

    Drama ini benar2 addictive! Aku mengalami kesulitan untuk berhenti sebelum episode final. Benar-benar berbobot dan BEDA. Salut sama seluruh tim produksi. Bayangkan sebuah dorama yg tokoh2nya gak lovable bisa bikin penonton mau ngikutin sampai habis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s